ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Redam Stres…?

Ingin Redam Stres? Coba Makanan Ini

Pernah membayangkan ada suplemen yang bisa membuat Anda tertawa, semangat, dan terhindar dari stres? Segera pergi ke dapur dan coba racik ‘suplemen’ sendiri..
Berikut lima makanan sehat yang dapat membuat hidup lebih sehat dan bahagia, bahkan merasa 16 tahun lebih muda, seperti dikutip dari laman Times of India:

1. Camilan manis
Gula memiliki sifat menenangkan saat stres mendera. Namun, sebelum menyantap makanan manis untuk menenangkan stres, perhatikan takarannya agar tak memicu masalah kesehatan lain seperti diabetes atau obesitas. Saat stres, Anda tetap dapat menyantap potongan kecil cake dengan 1/2 gelas strawberry, atau dua cookies dengan satu gelas jus.

2. Roti bakar dan selai
Karbohidrat dapat meningkatkan produksi serotonin yang berfungsi menciptakan rasa bahagia. Anda dapat mengonsumsi roti gandum untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah, dibandingkan pasta dan nasi yang membuat kadar gula tidak stabil. Gula darah tak stabil membuat Anda mudah gelisah, lapar, dan marah.

Cobalah mengonsumsi setengah roti gandum panggang atau bagel dengan selai atau madu, atau Anda dapat mencoba satu mangkuk kecil oatmeal dengan cranberry kering dan sedikit gula merah.

3. Yogurt dan telur
Beberapa penelitian membuktikan bahwa asupan yang kaya akan DHA dapat meningkatkan mood dan kekuatan otak. Bahkan, orang yang sedang dalam keadaan stres merasa 50 persen lebih baik setelah mengonsumsi DHA. Untuk menjaga mood Anda, konsumsilah 200mg DHA, yang banyak terdapat pada telur dan yogurt, per hari.

4. Bayam
Bayam kaya akan folate dan vitamin B yang membantu produksi serotonin. Seperti DHA, folate membantu mengurangi depresi. Untuk dapat memenuhi kebutuhan folate dalam tubuh konsumsilah dua mangkuk bayam per hari.

5. Kacang hitam
Kacang hitam adalah sumber dari zat besi. Jika Anda kekurangan zat besi, Anda akan mengalami kesulitan tidur, dan kelelahan. Untuk dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi, kombinasikan makanan yang kaya akan zat besi dengan sumber vitamin C seperti tomat, brokoli, dan
cabe merah.

Namun, jangan meminum kopi, teh, atau susu setelahnya karena akan menghambat penyerapan zat besi yang terkandung di dalam makanan tersebut.

Dikutip dari www.vivanews.com

15 Maret 2011 - Posted by | Serba Serbi |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: