ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Stroke

Apa sebenarnya Stroke itu?

strokestroke

Rekan-rekan, mungkin tidak ada orang yang tidak pernah tau apa itu stroke. Kebanyakan orang menganggap ini adalah penyakit yang biasa menyerang orang dewasa terlebih pada orang yang menginjak usia kepala 5.

Kalau kita mengamati, sebenarnya stroke lebih mengarah pada serangan mendadak yang mematikan. Analoginya seperti orang yang tersadar dan terkena peluru nyasar dan membuat orang itu langsung dalam keadaan kritis. Atau istilah lain adalah CVA (Cerebro Vaskular Accident).

Pada orang yang sehat, setiap saat akan terjadi aliran darah ke arah otak, karena otak kita selalu bergantung pada aliran darah yang selalu menyuplai nutrisi yang dibutuhkannya. Begitu juga dengan organ-organ tubuh yang lainnya, selalu membutuhkan suplai nutrisi dari darah bersih yang mengalir kepadanya. Sepertinya adalah hal yang biasa, namun bayangkan jika pada suatu saat aliran darah ke otak jadi terhambat. Maka, sang otak sebagai “manager” dalam tubuh kita akan kehabisan tenaga untuk mengatur kinerja tubuh kita. Dampaknya, fungsi kontrol bagian tubuh kita yang berhubungan dengan otak yang bersangkutan akan mengalami gangguan, bahkan akan menyebabkan kematian.

Kita tidak dapat menaksir tingkatan keparahan dari stroke tersebut. Semuanya akan bergantung pada lokasi dan luas daerah otak yang terkena kerusakan. Logikanya ketika area yang rusak hanya sekelompok kecil dan bukan pada bagian yang berbahaya, maka dampaknya tidak akan berlangsung lama dan mungkin tidak begitu parah. Namun apabila yang terjadi adalah sebaliknya dan mengenai daerah vital, maka perlu tindakan khusus karena apabila terlambat sebentar saja, maka akan berakibat fatal.

Pada Prinsipnya kerusakan ini terjadi oleh dua hal yaitu penyumbatan pada pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah otak. Kenapa bisa menyumbat? Hal ini bisa terjadi karena beberapa kemungkinan, seperti usia lanjut yang berdampak pada semakun kakunya arteri/ pembuluh darah sehingga produk2 sampah, lemak, kolesterol, dan sel-sel mati akan menggumpal pada dinding arteri dan saluran akan menyempit. Kareana itulah semakin lama gumpalanyang terjadi akan menghambat perjalanan darah di dalam arteri. Banyak orang awam menganggap stroke adalah sebuah penyakit, padahal beberapa dokter spesialis menyebutkan bahwa stroke merupakan gejala klinis yang terjadi akibat permasalahan pada pembuluh darah.

Sumber: Agustantyono.

Iklan

23 Agustus 2010 - Posted by | Tak Berkategori | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: