ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Masjid Luar Batang Berdiri Sejak 17 Masehi

Written by agus

PENJARINGAN – Menguak sejarah Kampung Luar Batang tentu tidak bisa dipisahkan dengan masjid tua di kawasan itu. Ya, Masjid Jami Luar Batang. Masjid bercat putih itu berlokasi di Jl Luar Batang V No I Rt 4/3 Kelurahan Penjaringan. Bentuknya mungil untuk ukuran masjid masa kini, sekitar 6×6 meter. Dibangun sekitar tahun 1796 atau pada abad 17 Masehi. Pada saat itu, lebih akrab disebut surau/musholla.

Keberadaan masjid ini tak lepas dari seorang ulama besar, yakni Habib Husein Bin Abubakar Bin Abdullah Alaydrus. Ia adalah seorang ulama asal Yaman Selatan.
Sebagai musafir kehidupan Habib Husein kerap berpindah-pindah hingga pada suatu saat ia berlabuh di Sunda kelapa dan memutuskan menetap di sebuah perkampungan tidak jauh dari pelabuhan. Tepatnya berdekatan dengan benteng (kastil) VOC.
Habib Husein dikisahkan mempunyai banyak mukzizat. Ia diceritakan dapat menghilang dari dalam penjara untuk sekedar memberikan petuah agama pada malam hari dan kembali ke penjara pada siang harinya tanpa sepengetahuan penjaga (Habib Husein pernah mendekam di penjara Glodok akibat kecurigaan pemerintah VOC terhadap aktivitas dakwahnya).
Bahkan, ia dengan lantang berani membela seorang pria Tionghoa yang sedang dalam pengejaran tentara VOC. Dan akhirnya pria itu masuk Islam kemudian membantu Habib Husein berdakwah. Sayangnya, ia meninggal diusia muda. Konon malah belum menginjak usia kepala empat dan masih lajang.
Habib Husein dimakamkam di masjid ini pada hari Kamis 27 Ramadhan 1169 Hijriah atau 24 Juni 1756. Mengetahui masjid dan makam Husein bin Alaydrus menjadi magnet bagi ratusan bahkan ribuan ummat Muslim di Indonesia, pengurus masjid dan maqom terus berbenah. Berbagai fasilitas pendukung disiapkan seperti area parkir yang representatif, dan air bersih untuk berwudlu. Begitupula dengan berbagai kegiatan yang mempererat rasa persaudaraan (ukhuwah) umat Islam.

Dikutip dari: wisatapesisir.com

Iklan

23 April 2010 - Posted by | Nostalgia Jakarta |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: