ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Waspadai Kebutaan pada Bayi Prematur

Bayi yang lahir prematur sering mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan penglihatan. Bayi prematur berpotensi membawa kondisi penglihatan yang buruk yaitu prematur retinopati (ROP).

Di Amerika Serikat, ROP mempengaruhi penglihatan sekitar 15 ribu bayi prematur yang lahir setiap tahunnya. Sebanyak 90 persen mengalami ROP ringan dan tak memerlukan perawatan. Sedangkan kondisi terparah adalah bayi kehilangan penglihatan seumur hidup.

Demikian hasil studi yang melibatkan 370 anak prematur di Amerika Serikat. Studi ini juga dipublikasikan dalam jurnal Archives of Ophthalmology edisi April, seperti VIVAnews kutip dari Healthday.

Hasil studi itu mendorong pentingnya melakukan deteksi penglihatan pada bayi prematur sebagai petunjuk mengenai kondisi awal. Pada kasus tertentu, deteksi dini bahkan perlu dilakukan secara periodik hingga usia enam tahun.

"Perawatan sejak dini pada bayi prematur yang menderita ROP akan berdampak positif pada penglihatannya dalam jangka panjang," kata Kepala Institut Nasional Mata Dr Paul A. Sieving.

ROP berupa gangguan pada retina mata yang disebabkan pertumbuhan abnormal pembuluh darah. Terapi laser atau cryotherapy (penggunaan suhu dingin) adalah cara yang paling efektif untuk memperlambat atau menghentikan pertumbuhan pembuluh darah abnormal di mata.

"Penelitian jangka panjang membuktikan bahwa bayi dengan ROP harus ditangani dengan strategi yang berbeda," jelas kepala tim studi Dr William V. Good, dari Smith-Kettlewell Eye Research Institute San Francisco.

By Pipiet Tri Noorastuti, Anda Nurlaila

VIVAnews

Iklan

14 April 2010 - Posted by | Tak Berkategori |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: