ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Isi Kegiatan Anak di Bulan Ramadhan

Persiapkan beragam kegiatan yang menyenangkan untuk anak, agar saat Ramadhan benar-bener bermakna baginya.

Di sore hari, saat menunggu waktu berbuka dan ketika anak-anak sudah memasuki libur lebaran biasanya menjadi saat yang rawan bagi seorang anak untuk mempertahankan puasanya. Kegiatan saat jam sekolah membuat mereka tetap sibuk sehingga pikiran-pikiran yang mengganggu puasa dapat dihilangkan. Namun ketika mereka pulang sekolah dan harus berdiam diri di rumah, rasa lapar dan haus biasanya sering menggoda mereka. Kadang geli juga jika melihat si Kecil tidak sabar menunggu saat berbuka, namun jangan sampai hal tersebut menggagalkan ibadah puasanya.

Kita dapat membantu dengan memberikan kegiatan yang asyik namun juga berguna bagi anak-anak. Beberapa kegiatan ini dapat Anda coba.

Belajar mengaji

Memang tidak banyak anak yang menyukainya, namun mereka wajib bisa. Memanggil guru ngaji secara privat mungkin lebih efektif dalam belajar, namun anak juga akan mudah bosan. Biasanya belajar bersama dengan teman-temannya akan lebih menarik minat si anak.

Membuat kerajinan tangan

Anda bisa membeli buku-buku kerajinan tangan dan menyesuaikannya dengan tema Ramadhan. Membuat kartu ucapan misalnya, atau hiasan dinding, boneka clay yang nantinya bisa diberikan pada teman-teman atau orang yang disayanginya. Jangan lupa, Anda juga harus terlibat dalam kegiatan ini karena walaupun telah dibekali buku, bekerja seorang diri tetap saja membosankan apalagi ketika dia menjumpai kesulitan.

Membaca

Bekali si kecil dengan cerita-cerita bernuansa Islami untuk perkembangan pribadinya. Saat ini sudah banyak buku-buku cerita khusus untuk anak, sesuai dengan usia mereka. Dampingi anak ketika membaca dan buat mereka tertarik dengan kisah-kisah dalam buku itu, karena bacaan dan tayangan televisi bisa jadi lebih menarik minat mereka karena telah terbiasa.

Membuat kue

Momen lebaran bisa dijadikan kesempatan untuk mencoba keberanian membuat kue jika Anda belum pernah melakukannya. Jangan lupa ajak anak Anda untuk ikut bergembira bersama ketika membuat kue. Beri sedikit adonan khusus untuk dikerjakan anak agar dia tidak mengganggu kegiatan Anda.

Mendekorasi rumah

Saat lebaran mungkin rumah Anda akan dikunjungi saudara dan tetangga, agar penampilan tidak begitu-begitu saja dari tahun ke tahun, cobalah untuk mengganti posisi perabotan dan pikirkan dekorasi yang sesuai dengan tatanan yang baru. Anak Anda bisa membantu dengan membuat dekorasi sederhana untuk ditempel di pintu atau digantungkan di jendela-jendela. (wo/miw)

Sumber: KapanLagi.com
Iklan

8 Agustus 2010 - Posted by | Tak Berkategori |

1 Komentar »

  1. wah boleh juga tuu kegiatan di bulan puasa… ya.. buat memperdalam agama dan hitung2 menunggu berbuka…tq ya…

    Komentar oleh voucher pulsa | 8 Agustus 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: