ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Langsing tanpa diet

Selusin Langkah Langsing Tanpa Diet!
Memang benar jika berat badan masih menjadi masalah bagi kebanyakan wanita. Apalagi saat ini trend fashion memuja wanita dengan tubuh super langsing atau bahkan bisa dikatakan kurus. Lihat saja para model fashion yang memperagakan busana wanita, bahkan dalam benak Anda terbersit bahwa mereka bisa saja tak pernah menyentuh makanan yang ada di atas piring mereka. Awalnya mungkin Anda akan mencibir mereka, namun tanpa Anda sadari saat ini Anda sudah mulai mengatur menu makanan dan berusaha menjadi langsing.
Seperti dikutip dari Guardian, para ahli telah memprediksi bahwa tahun 2020 nanti, 7 dari 10 wanita akan mengalami masalah berat badan. Beberapa wanita merasa dirinya terlalu gemuk, ada pula yang memang overweight atau mengalami obesitas. Oh tidak, apakah Anda akan mengalami masalah yang sama? Hmmm… tentu Anda berharap jangan sampai Anda menjadi salah satu dari 7 orang yang mengalami masalah dalam berat badan tersebut. Bagaimana caranya?
Diet ketat memang bisa sangat membantu, namun betapa beratnya diet tersebut jika dirasakan. Belum lagi harus menahan siksa godaan saat melihat sahabat Anda menikmati chicken salad with cheese cream dengan penuh semangat, sementara Anda harus meneguk ludah dan menerima Veggie salad with fresh tomato saja.
Jangan menyiksa diri dengan diet super ketat yang tak masuk akal. Ikuti saja 24 langkah menjadi langsing tanpa diet ketat berikut ini:
1. Set waktu makan Anda
Biasanya kita selalu makan terburu-buru, dengan alasan sibuk, segera meeting atau takut macet. Well, sebenarnya itu semua bukanlah alasan. Toh Anda bisa bangun lebih pagi untuk mengatur jam makan Anda. Makan dengan terburu-buru akan membuat pencernaan Anda jadi bingung, ia dipaksa untuk bekerja keras menggiling makanan dan tidak efektif menyerap nutrisi yang ada. Alhasil, lebih banyak lemak yang tertinggal dan nutrisi yang terbuang.
2. Tidur cukup di malam hari
Masih ingat lagi milik bang Rhoma Irama yang syairnya kira-kira begini, begadang jangan begadang, bila tak ada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya… Hmmm, Woman sih kurang setuju dengan lagu ini ya, karena bagaimanapun tubuh sangat membutuhkan istirahat yang cukup di malam hari. Apalagi jika keesokan hari Anda harus melakukan banyak kegiatan berat. Tidur cukup akan membuat Anda lebih segar keesokan hari, bangun di pagi hari dan menikmati sarapan pagi tepat waktu. Selain itu, Anda juga terhindar untuk ngemil tak sehat di malam hari.
3. Tiga jenis sayuran sehat
Apakah Anda pecinta sayur? Hmmm… tak banyak yang mengacungkan jari sepertinya. Namun kali ini Anda harus mengubah kebiasaan Anda. Makan sayur lebih banyak dari biasanya, tiga jenis sayur setiap sajian menu makan terutama siang dan malam hari. Sayur kaya akan serat penting yang dibutuhkan pencernaan untuk memperlancar pembuangan makanan yang tidak diperlukan tubuh. Usahakan untuk mengonsumsi sayuran dengan jenis yang berbeda, misalnya sayuran hijau, sayuran berwarna merah, dan sayuran berwarna putih, contohnya: sawi, wortel dan taoge. Kombinasi ini dibutuhkan karena masing-masing sayur mengandung nutrisi yang berbeda-beda. Dan tentunya Anda ingin semua nutrisi tercukupi kan?
4. Kurangi garam
Anda mungkin tak menyangka, bahwa bukan gula saja yang bikin gemuk. Justru garam yang rasanya asin, memicu kegemukan tak kalah dari gula. Mengapa? karena saat tubuh terlalu banyak mengonsumsi garam, maka banyak nutrisi penting yang ikut terbuang dengan urin. Sementara lemak dan kalori, memilih tetap bertahan dan mengisi ruang-ruang kosong seperti di perut, pinggang, paha, dan bagian tubuh lainnya. Sebenarnya garam dianjurkan dikonsumsi 1 sdt setiap hari (total dalam sehari). Namun jika Anda merasa belum mampu, setidaknya kurangi sedikit demi sedikit taburan garam dalam berbagai menu masakan Anda.
5. Gantung baju kesayangan Anda
Beberapa minggu lalu Anda membeli sebuah baju yang bagus sekali. Menurut Anda baju itu pasti muat dan bagus di tubuh. Tanpa berpikir panjang Anda pun membeli tanpa mencobanya. Dan sayang sekali, setelah tiba di rumah Anda mencoba baju tersebut dan tak muat. Jangan keburu dibuang! Gantung saja baju tersebut dan usahakan selalu bisa Anda lihat agar menjadi motivasi tersendiri baju tersebut muat Anda kenakan. Caranya? tentu saja dengan berolahraga!
6. Nasi Vs Daging
Kebiasaan kita adalah menyantap semua menu dengan nasi. Padahal ini kurang benar. Menu daging sebenarnya adalah menu yang bertentangan dengan nasi. Saat ia terlalu sering bertemu dengan nasi maka hasilnya adalah perut gembul yang saat ini Anda bawa ke mana-mana. Namun bukan berarti menu daging ini tak sehat lho ya. Banyak juga nutrisi yang bisa kita dapatkan darinya. So, jika Anda ingin mengonsumsi daging, pasangkan dengan sayuran.
7. Pandai pilih menu Pizza
Sesekali menikmati Pizza boleh saja kok. Namun pilih topping pizza yang sehat dan lebih banyak mengandung sayur daripada daging. Anda suka meatlovers? Padankan dengan salad tanpa topping saus agar serat dapat mengimbangi kalori yang terkandung dalam daging.
8. Less sugar please!
Siapa sih yang tak suka akan manisnya gula? Tapi manis-manis bukan berarti selalu sehat ya, karena terlalu banyak mengonsumsi gula dapat mendatangkan kerugian tersendiri bagi kesehatan, terutama bahaya ancaman diabetes. Kurangi gula dalam setiap menu Anda, baik makanan maupun minuman. Jangan lupa minum air mineral 8 gelas sehari.
9. Pilih gelas yang tinggi dan ramping
Seperti Woman kutip dari WebMd, Brian Wansink Ph.D, menyarankan bahwa visualisasi gelas mempengaruhi keinginan kita untuk minum sesuatu. Jika Anda seringkali melewatkan 8 gelas air mineral dalam sehari, maka usahakan minum dari gelas yang langsing dan tinggi. Dengan demikian setidaknya Anda akan selalu menghabiskan minum Anda, dan kemungkinan menambah segelas lagi karena berkesan masih haus.
10. Batasi alkohol
Bukan dilarang, tetapi kurangi dan batasi konsumsi alkohol Anda. Bahkan sebenarnya wine sangat baik kok untuk kesehatan. Namun jika diminum dengan takaran yang pas dan sesuai, serta tidak berlebihan.
11. Awali hari dengan green tea
Mengawali hari dengan green tea adalah tips terbaik setiap pagi. Kandungan kafein yang terdapat pada green tea membuat Anda menemukan tambahan energi dan semangat menjalani aktivitas seharian. Antioksidannya membuat Anda sehat dan jauh dari ancaman kanker.
12. Fresh Veggies
Sayuran mentah seperti mentimun, selada, kacang panjang, daun kemangi, memberikan asupan nutrisi sehat tersendiri. Apalagi kesegarannya membuat nutrisi yang dikandungnya masih maksimal, karena belum diolah di atas api. Anda juga bisa mixed dengan menu daging agar lebih sehat.
Masih mau mengikat pinggang dan menolak semua jenis makanan? Don’t be honey, langsing itu mudah dan menyenangkan kok. Jadi, selamat mencoba selusin langkah di atas. (wo/bee)

Sumber :Agatha Yunita kapanlagi.com

Iklan

12 Mei 2010 - Posted by | Gaya Hidup |

2 Komentar »

  1. Assalamu ‘alaikum mas.

    Salam kenal yah, saya abis mampir ke Blog mas, dan blog mas sangat bagus dan bermanfaat.

    Dan betapa senangnya saya, apabila mas mau mampir juga ke blog saya, sekalian saling menjalin silaturahmi sesama Blogger.

    Alamat Blog saya: http://bendeddy.wordpress.com

    Salam kenal,
    Dedhy Kasamuddin

    Komentar oleh Dedhy Kasamuddin | 12 Mei 2010 | Balas

    • Waalaikum salam…trima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim kita bisa berlanjut..saya akan pasang linknya…Wassalam…

      Komentar oleh Abdul Rohim | 12 Mei 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: