ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Mandi

Sembuhkan Penyakit Dengan Mandi

Mandi merupakan kegiatan yang hampir tiap hari dilakukan oleh sejuta umat manusia di dunia ini, sampai-sampai ada lagunya “Bangun tidoor ku ‘teroos’ mandiii….” (Apa ngga’ habis ya aernya, soalnya mandinya terus-terusan…hehe). Tujuan orang mandi sie simpel aja, biar mereka nggak dipanggil kambing, alias jorok dan bau….Nah, ternyata manfaat dari take a bath ini nggak cuma untuk menghilangkan bau, kotoran ataupun rasa lengket-lengket kita saja…

(Kadang selain mandi, ngintip orang mandi juga bermanfaat,,,hehe)

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa penderita diabetes yang menghabiskan waktu 1/2 jam berendam dalam bak air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13%. Penelitian terpisah di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu mereka mengatasi test olahraga lebih baik dan mengurangi rasa sakit. Nah ini dia selengkapnya beberapa manfaat dari mandi itu sendiri…

1. Mengeluarkan Racun

Mandi air hangat dengan suhu 32-35 derajat celsius dapat membuka pori-pori yang membantu mengeluarkan toksin/racun, selain itu dapat menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit.

2. Stress

Mandi air dingin dengan suhu 12-18 derajat celsius dapat meredam ketegangan otot, tetapi perlu diperhatikan dengan mandi air dingin dapat mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah.

3. Eksema

Penyakit kulit tertentu seperti eksema atau ruam (peradangan di kulit yang terasa gatal) dengan menambahkan baking soda (sodium bicarbonate) kedalam bak mandi dapat membuat perbedaan besar. Sodium bicarbonate berfungsi sebagai antiseptik. Caranya: Gunakan air hangat kuku, tambahkan 1 pound baking soda dan aduk sampai rata. Anjuran untuk berendam selama 10-20 menit.

4. Infeksi

Infeksi yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan 3 atau 4 cuka apple (apple cider vinegar) ke dalam bak mandi, selain itu baik juga untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam. Tambahkan pada air hangat dan berendam selama 15-20 menit.

5. Flu dan Sakit Kepala

Merendam kaki dengan air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala serta menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukan air hangat ke dalam bak secukupnya, sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki, tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Lakukan selama 10-20 menit, setelah selesai basuh dengan air dingin.

6. Insomnia

Rendam kaki dengan air dingin sampai kaki terasa dingin, selain untuk mereka yang sulit tidur (insomnia) juga berguna untuk menghilangkan rasa letih pada kaki, menghentikan pendarahan pada hitung, flu dan sembelit.

7. Melancarkan Sirkulasi Darah

Bila Anda mengalami masalah pada sirkulasi darah, rendamlah kaki dengan air hangat selama 1-2 menit, kemudia rendam kembali kaki Anda dengan air dingin selama 30 menit. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian diselesaikan dengan air hangat.

Beneran bukan kalo selain ngintip orang mandi, Mandi itu sendiri juga banyak manfaatnya…. :D

Sumber: JPs

Iklan

24 Maret 2010 - Posted by | Tak Berkategori | ,

2 Komentar »

  1. jiakakakak..trims artikel saya lagi2 dimuat disini 🙂

    Komentar oleh joni prayoga | 24 Maret 2010 | Balas

    • Salam…kang Joni maaf….trimakasih balik….dan trimakasih juga tanggapannya….

      Komentar oleh Abdul Rohim | 24 Maret 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: