ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Tidur Nyenyak.

Lima makanan pengantar tidur nyenyak.

Tidur penting untuk Anda yang menjalani kesibukan sepanjang hari. Dengan tidur, sel-sel tubuh melakukan pembenahan dan pemulihan. Jika tidur kurang berkualitas, maka fungsi pemulihan itupun berkurang.

Selain ini, mereka yang tidak tidur dengan baik sepanjang malam lebih cenderung terjadi peningkatan kadar kortisol dalam tubuh mereka, yang kemudian akan mendorong akumulasi lemak perut.

Apa yang Anda makan akan memiliki pengaruh besar pada kualitas tidur Anda. Anda dapat dengan mudah tidur lebih baik dengan membuat beberapa perubahan dengan antara lain mengonsumsi makanan yang mendukung kualitas tidur Anda. Namun, perlu diketahui bahwa Anda tidak harus makan makanan ini segera sebelum tidur, karena hal ini justru  membuat Anda tetap terjaga karena peningkatan aliran darah ke sistem pencernaan.

Cara paling tepat, makan  satu hingga dua jam sebelum Anda berencana untuk menyerahkan diri Anda pada pelukan malam; tidur.

Makanan apa yang mendukung tidur pulas? Situs Askman merekomendasikan lima macam, yaitu:


Keju lembut

Keju merupakan sumber protein yang sempurna sebelum tidur karena mengandung protein kasein yang lamban dicerna sehingga akan mendistribusikan asam amino ke jaringan otot selama berjam-jam.

Selain ini, keju benar-benar akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda karena mengandung asam amino triptofan, yang secara alami akan menyebabkan relaksasi tubuh dan membantu Anda mendapatkan istirahat yang baik di malam hari.

Oatmeal

Sementara kebanyakan orang berpikir oatmeal sebagai makanan sarapan, fakta menyebutkan bahwa karbohidrat menyebabkan pelepasan serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah hormon yang membuat kita “merasa-baik”, mengurangi stres, dan menempatkan Anda dalam keadaan jauh lebih tenang.

Karena oatmeal juga merupakan sumber karbohidrat lebih lambat mencerna, Anda tidak perlu khawatir tentang terbangun pada tengah malam karena kadar gula darah meningkat.

Iris apel setengah dan tambahkan pada  oatmeal Anda, bersama dengan sedikit kayu manis. Sajikan dengan percikan susu skim jika diinginkan.

Kacang atau selai kacang

Makanan yang harus Anda pertimbangkan jika Anda sering mengalami kesulitan tidur adalah kacang tanah atau selai kacang alami. Kacang tanah merupakan sumber yang kaya  niacin, yang merupakan nutrisi yang membantu untuk meningkatkan pelepasan serotonin dalam tubuh.

Memang, kacang memiliki kadar lemak  dan kalori lebih tinggi, sehingga Anda akan ingin mempertahankan ukuran berat badan Anda harus berhati-hati. Namun, ketika kacang atau selai kacang dimakan dalam porsi yang wajar, maka tak ada masalah.

Cobalah  sepotong roti gandum diolesi dengan selai kacang untuk hasil terbaik.

Susu hangat

Anda mungkin pernah mendengarnya sebelumnya bahwa segelas susu hangat sebelum tidur benar-benar dapat membuat tidur lebih cepat. Alasan di balik ini adalah karena fakta bahwa susu juga mengandung asam amino yang triptofan, dan bagi kebanyakan orang, cairan hangat memberikan efek menenangkan.

Selain itu, susu juga menawarkan sebuah dosis kalsium yang baik, yang bekerja di otak untuk membantu mengatur produksi melatonin, yang merupakan zat yang secara alami akan mengontrol siklus tidur-bangun Anda.

Tambahkan satu sendok teh madu jika Anda memilih untuk mempermanis  dan memberikan sedikit karbohidrat yang selanjutnya akan menyebabkan pelepasan serotonin.

Anggur

Anggur adalah buah yang mengandung hormon melatonin yang mengatur tidur. Jadi dengan menambahkan mereka secara teratur dalam diet Anda Anda dapat membantu meningkatkan siklus tidur-bangun alami dalam tubuh. Anggur juga memungkinkan Anda untuk bisa tidur lebih cepat setiap malam.

Dikutip dari id.berita.yahoo.com

Simak juga yang ini :

8 Mei 2011 - Posted by | Serba Serbi |

1 Komentar »

  1. satu lagi bang , ada cairan sebotol- se apotik ^^

    disiniiiiii

    Komentar oleh wibisono | 16 Juni 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: