ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Rambut.

Rambut tetap hitam saat  tua.

Munculnya uban menjadi pertanda seseorang telah tua. Namun ternyata, secara sains penyebab memutihnya rambut ini bisa diketahui dan bisa dihambat. Caranya pun bukan lagi penemuan baru karena sebenarnya nenek moyang kita telah mengetahui dan menerapkannya secara turun temurun. Hanya saja memang dibutuhkan ketelatenan untuk melakukan ini. Anda pecinta kecantikan? Lewati tantangan ini dengan menjaga rambut Anda tetap hitam sampai tua!

Nutrisi

Pastikan asupan gizi Anda cukup mendukung untuk pertumbuhan rambut sehat. Nutrisi yang Anda perlukan adalah vitamin A dari buah dan sayur berwarna jingga; vitamin B dari sayur hijau, yogurt dan pisang; mineral dari daging merah, telur dan seafood; serta protein dari biji-bijian, daging dan kacang-kacangan. Kurang nutrisi menyebabkan kualitas rambut yang jelek.

Perawatan

Uban terjadi karena sintesa protein yang gagal, rambut menjadi putih ketika pigmen warna tidak berfungsi lagi. Namun hal ini bisa dicegah dengan mengondisikan rambut dan kulit kepala agar tetap berfungsi maksimal. Beberapa perawatan yang telah terbukti dan dilakukan secara turun temurun adalah berikut ini.

  • Campurkan minyak kelapa dan air perasan jeruk lemon, pijat rambut dan kulit kepala dengan campuran ini selama 15 menit setiap harinya. Kabarnya, rambut yang sudah beruban pun bisa kembali hitam dengan cara ini.
  • Buat larutan teh hitam yang sangat kental, kemudian tambahkan 1 sdm garam. Setelah dingin, gunakan larutan teh untuk memijat akar rambut dan kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih satu jam, kemudian bilas dengan air dingin. Tidak perlu mencucinya lagi dengan sampo.
  • Hindari sampo atau produk perawatan rambut yang mengandung sodium lauryl sulfate. Untuk sehari-hari, gunakan sampo yang lembut dan melembabkan. Jangan lupa untuk pijat kulit kepala Anda setiap kali keramas untuk melancarkan aliran darah di kulit kepala.

Stres

Stres memang merusak segala hal dalam kehidupan, termasuk kecantikan kulit dan rambut Anda. Stres membuat seseorang tidak bisa menjalani hidup sehat dengan teratur, padahal kurang nutrisi, kecemasan, penderitaan dan berada dalam tekanan bisa menurunkan produksi melanin, si pigmen warna. Kurangnya melanin akan menyebabkan rambut memutih walaupun belum berusia lanjut. (wo/miw)

Dikutip dari KapanLagi.com

Simak juga yang ini :

5 April 2011 - Posted by | Serba Serbi |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: