ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Diet Sehat.

Diet sehat menurunkan berat badan.
Caranya, yaitu dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna dan dibantu dengan berolahraga ringan. Diet yang sehat, sebaiknya tidak menghilangkan waktu makan, sarapan, makan siang, dan sore, tetap dilakukan. Pagi hari, sepotong kecil roti, oatmeal, sudah cukup mendukung serat dan nutrisi bagi tubuh untuk mengawali hari. Diet menurunkan berat badan dengan mengusahakan jangan memakan makanan yang terlalu mengandung minyak seperti gorengan. Kalau bisa saat sarapan pilih menu makanan yang tinggi serat dan ditambah munuman jus jeruk. Kalau anda menyukai minuman susu, sebaiknya pula jangan pilih yang fullcream. Silakan konsumsi minuman susu yang rendah lemak.


Untuk makan siang, makanlah ¼ atau ½ porsi nasi dan sayur pun sudah cukup mengandung karbohidrat. Sebelum makan dan sesudah, minumlah terlebih dahulu air putih, atau sepotong buah-buahan segar, ini pun Sunnah Rasul. Menurut penelitian, minum atau makan buah sebelum makan, akan menghambat penyerapan kolesterol kedalam darah, serta akan “mengenyangkan” perut kita sehingga tidak makan berlebihan. Makanlah dengan cara perlahan. Dan jangan lupa perbanyak minum air putih, banyak orang tidak bisa membedakan rasa haus dan lapar, saat mengira merasa lapar (padahal, sebenarnya haus), anda akan mengkonsumsi makanan (yang sebetulnya tidak perlu anda konsumsi), cara mengetesnya, yaitu meminum segelas air dan tunggu hingga 10 menit untuk mengetahui apakah anda masih lapar. Jika ya berarti anda memang benar lapar.
Makanlah dengan cara perlahan (Mengapa orang Amerika lebih rentan terkena obesitas dari pada orang Perancis? Jawabannya, bukan saja karena porsi makan orang Amerika lebih banyak, tetapi juga karena orang Perancis sangat menikmati makanan mereka dalam setiap kunyahan, sehingga cenderung makan secara perlahan), hal ini menyebabkan perut akan lebih cepat terasa kenyang yang pada akhirnya turut membantu menekan selera dan porsi makan. Bagi anda yang belum terbiasa, coba trik ini : Letakan sendok atau garpu saat anda sedang mengunyah, minum air mineral setiap selesai mengunyah, dan kunyah makanan beberapa kali sebelum menelannya. Gunakan piring yang lebih kecil. Kebiasaan di negara kita adalah menghabiskan makanan yang tersaji di piring, berapapun jumlah kalori makanan dan ukuran piring tersebut. Untuk menyiasatinya, gunakan piring yang berukuran lebih kecil. Anda akan merasa kenyang dengan makanan yang lebih sedikit. Salah besar bila sebagian besar dari kita berpendapat kalau Diet sehat menurunkan berat badan berlaku hanya untuk menurunkan berat badan, justru utama dari diet itu adalah untuk mencapai badan yang fit dan sehat. Sesuai pepatah “ You are What You Eat”. Bila tujuan utama anda Diat sehat menurunkan berat badan , anda akan rela memakan-makanan yang kurang enak. Dibandingkan dengan makanan enak yang seringkali bersembunyi hal-hal negatif dibelakangnya. Batasi karbohidrat.
Makan malam, baiknya dilakukan sekitar jam 5 sore sampai jam 7 malam. Makanan buah atau makan makanan yang tinggi protein, misalkan ikan, merupakan pilihan makan malam terbaik untuk mengkontrol bobot tubuh. Ini karena protein membuat anda kenyang lebih lama. Jika anda ingin mengkonsumsi karbohidrat, hindari yang sederhana, karena lebih cenderung disimpan sebagai lemak ketimbang digunakan sebagai energi. Kadar air dan serat yang tinggi, juga kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah-buahan dan sayuran dapat membantu kesehatan dan vitalitas tubuh secara keseluruhan. Beralih dari karbohidrat sederhana ke karbohidrat kompleks. Kurangi makan roti putih dan nasi putih, makanlah lebih banyak gandum (roti gandum atau beras gandum). Gandum mampu memberi energi jangka panjang dan memberi rasa kenyang lebih lama karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Minum multivitamin jika anda merasa nutrisi yang anda konsumsi kurang.
Diet sehat menurunkan berat badan baiknya dibantu dengan berolahraga, karena untuk pembakaran kalori. Olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Tidak dibutuhkan waktu lama dan hanya olahraga ringan seperti naik tangga 3×10 menit dalam sehari sudah cukup untuk membuat tubuh anda sehat. Dan jangan lupa untuk tidur dengan cukup. Kurang tidur dapat beresiko tinggi obesitas karena membuat tubuh merasa lapar. Baiknya tidurlah sekitar 8 jam sehari. Hindari tidur dengan kondisi perut kenyang/ penuh, karena bisa berakibat kurang baik untuk kesehatan.

Sumber www.tipskesehatankeluarga.com

27 Juli 2011 - Posted by | Kesehatan.

6 Komentar »

  1. trima kasih infonya…sangat menarik dan bermanfaat

    Komentar oleh Dokter Anak | 27 Oktober 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: