ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Pulau Tidung

Pulau Tidung Tempat Terunik di Jakarta

Active Image

Dalam setahun terakhir, perkembangan wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu makin berkembang pesat. Dari yang tadinya berjumlah puluhan, kini pengunjung ke pulau seluas 50 kilometer persegi ini berbilang ratusan orang untuk momen-momen long weekend.

Dengan makin banjirnya para pengunjung ke Pulau yang penduduknya kebanyakan berprofesi sebagai nelayan ini sejumlah fasilitas wisata juga mulai tersedia. Penginapan khusus wisatawan sudah berdiri. Beberapa rumah penduduk juga ada yang sudah banyak disewakan. Terdapat pula fasilitas diving, snorkeling, sewa kapal tradisional untuk mengunjungi pulau-pulau terdekat, transplantasi karang, penanaman pohon mangrove, atau bakar ikan malam hari di tepi pantai. Untuk buah tangan dan cindera tersedia berbagai kerajinan dari hewan laut seperti kerang-kerang, kaos wisata, makanan tradisional seperti kripik sukun, dodol rumput laut, kerupuk cuwe, dan lain-lain.

Tak heran program liputan Metro 10 yang ditayangkan stasiun Metro TV Minggu malam (22/02) menempatkan Pulau Tidung sebagai urutan pertama 10 tempat terunik di wilayah Jakarta. Pemilihan itu didasarkan pada data liputan majalah jalan-jalan, media hobi bulanan yang berkantor di Jalan Buncit Raya Jakarta. Media ini juga pernah menurunkan liputan tersendiri tentang perjalanan ke pulau terluas di Kepulauan Seribu tersebut.

Active ImagePulau yang dihuni sekitar 1500 kepala keluarga ini memang menawarkan panorama dan pemandangan alam yang menawan. Lokasi yang paling banyak diminati, jembatan sejauh 700-an kilometer yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan ini membelah laguna, daerah laut dalam berwarna biru, yang memisahkan kedua pulau tersebut. Di laut dangkal yang ada di sisi kiri dan kanan, pengunjung bisa dengan jelas melihat dasar berpasir putih, ikan, dan padang lamun. Menjelang sunrise dan sunset, pemandangan di tempat ini amat eksotis dengan background pulau-pulau terdekat seperti Pulau Payung di bagian selatan atau Pulau Karang Beras di bagian utara.

Tempat ini juga lokasi cukup favorit untuk melakukan snorkeling dan menikmati pemandangan bawah laut. Sementara itu pesona pasir pantai putih Pulau Tidung kecil akan menghilangkan kepenatan para pengunjung yang didera rutinitas pekerjaan.

Di Tanjongan, masyarakat pulau biasa menyebut untuk ujung timur Pulau Tidung Besar ini, tersedia makanan camilan dan kelapa muda yang dijajakan. Jadi cukup mengobati untuk perut yang tengah keroncongan atau kerongkongan yang dahaga usai berenang. Untuk sampai ke tempat ini pengunjung bisa melakukan kegiatan bersepeda dari tempat peninganapan ria. Tarif yang disediakan untuk sewa sepeda antara Rp. 15 ribu-Rp. 17 ribu perhari.

Active ImageSayangnya sepanjang pantai menuju Tanjongan memang masih dihiasi sampah yang kebanyakan berasal kiriman dari Jakarta dan sekitarnya. Beberapa lahan tak jauh dari tempat ini juga terlihat kerontang.

Sebetulnya tak hanya lokasi Tanjongan yang menarik dikunjungi. Tepi pantai bagian barat pulau ini juga menawan. Bagi Anda yang ingin bersnorkeling dan ingin menikmati pemandangan bawah laut bisa menjamah tepian luar gudus atau pembatas alamiah berupa timbunan koral-koral laut.

Untuk tiba ke Pulau Tidung transportasi yang biasa digunakan adalah dengan kapal penumpang tradisional yang berangkat setiap hari antara pukul 07.00-08.00 WIB dari Muara Angke Jakarta Utara. Waktu tempuh sekitar 2.5 jam dengan tarif Rp.33 ribu per sekali jalan. Kapal ini bisa mengangkut penumpang hingga seratus orang.

Bagi yang tak mau ribet, perjalanan wisata ini juga makin simple dengan memilih sejumlah jasa paket wisata yang sebagiannya juga dikelola orang-orang pulau. Paket ini biasanya terdiri dari biaya penginapan, makan, guide, dan fasilitas lain. Tarifnya bervariasi mulai dari 150 ribu-400 ribu rupiah untuk dua hari satu malam.

Selain Pulau Tidung, Sembilan tempat lain yang menjadi tempat terunik di Jakarta adalah adalah Setu Babakan Jakarta Selatan, Pasar Bunga Rawa Belong Jakarta Barat, SDN 01 Menteng Jakarta Pusat, Pasar Kue Subuh Senen Jakarta Pusat, Angkringan Fatmawati Jakarta Selatan,  Theater 4D Ancol Jakarta Utara, Salihara Pasar Minggu Jakarta Selatan, Taman Suropati Jakarta Pusat, Stasiun Tanjungpriok Jakarta Utara. (puloseribu/puser)


This article comes from :. PulauSeribu[dot]Net46
http://www.pulauseribu.net

11 April 2010 - Posted by | Wisata

4 Komentar »

  1. andai tulisan ini bisa di muat di http://www.wisatapesisir.com

    Komentar oleh gunawan | 11 April 2010 | Balas

  2. mas rono yaah keep succes yaaa

    Komentar oleh gunawan | 11 April 2010 | Balas

  3. regard http://www.wisatapesisir.com

    Komentar oleh gunawan | 11 April 2010 | Balas

  4. Sewa sepeda di jakarta

    Komentar oleh arob | 17 Agustus 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: