ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Kurangi Gula, Hipertensi Terkendali

Kurangi Gula, Hipertensi Terkendali

Meski ada obat pengendali tekanan darah, perubahan gaya hidup tetap berperan penting untuk mengendalikan akibat buruk dari penyakit ini. Gaya hidup sehat yang disarankan adalah memperbanyak serat dan mengurangi asupan minuman dengan kadar gula tinggi.

Dalam penelitian yang dilakukan selama 18 bulan, diketahui pengurangan minuman manis satu kaleng sehari sudah cukup mengurangi tekanan darah secara berarti. Manfaat tersebut terlihat pada responden penelitian yang mengalami kegemukan.

“Dampaknya akan langsung terasa bila kita mau mengurangi asupan minuman yang tinggi gula. Seharusnya pengurangan ini tidak sulit karena kita hanya mengurangi sedikit saja,” kata Dr.Liwei Chen, peneliti dari Louisiana State University Health Science Center.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko berbagai penyakit kardiovaskular. Para ahli dari American Heart Association (AHA) sejak lama telah menyatakan adanya bahaya kesehatan pada produk makanan dan minuman yang diberi pemanis, seperti softdrink. Selain menyebabkan kegemukan, gula juga mengakibatkan diabetes dan penyakit jantung. Karenanya, hasil penelitian ini semakin menguatkan riset-riset sebelumnya.

Gula yang perlu dibatasi adalah gula yang ditambahkan dalam makanan, bukan gula alami yang terdapat dalam buah-buahan. Rekomendasi asupan gula harian untuk pria adalah kurang dari 150 kalori (setara 9 sendok teh ) dan 100 kalori (setara 6 sendok teh) untuk wanita.

Pemerintah Amerika rupanya telah menyadari biaya kesehatan yang harus dikeluarkan akibat penyakit yang diakibatkan konsumsi gula berlebih ini. Sejumlah negara bagian, termasuk New York dan California, mengenakan pajak pada minuman ringan bergula untuk  membiayai ongkos pengobatan penyakit yang berkaitan dengan obesitas.

Kompas

Iklan

29 Mei 2010 - Posted by | Tak Berkategori | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: