ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Makanan Ibu Saat Hamil Pengaruhi Otak Anak

Makanan Ibu Saat Hamil Pengaruhi Otak Anak

Asupan gizi menjadi faktor penting untuk perkembangan otak anak. Bukan hanya saat bayi dan masa pertumbuhan emas, konsumsi makanan sehat juga perlu diperhatikan sejak anak masih berbentuk janin.

Dr Alan Logan, penulis buku ‘The Brain Diet: The Connection Between Nutrition, Mental Health, and Intelligence’ mengungkap, makanan yang dikonsumsi ibu saat hamil memengaruhi perkembangan otak anak. Seperti dikutip dari laman Shine, berikut ini adalah unsur-unsur yang penting bagi ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan otak anak.

1. DHA Omega 3

DHA dan omega 3 sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangan otaknya. Konsumsilah omega 3 terutama pada trimester ketiga kehamilan. Asupan minimum omega 3 bagi ibu hamil adalah 300 mg per hari.

Ada dua tipe omega 3 yaitu EPA dan DHA. Sumber utama DHA adalah ikan laut, tetapi kontaminasi merkuri pada ikan laut sangat tinggi. Hal ini bisa membahayakan perkembangan otak janin. Untuk itu konsumsi juga suplemen omega 3 untuk mengurangi kontaminasi merkuri pada janin.

2. Asam folat

Penelitian menunjukkan konsumsi asam folat, bisa membuat janin lebih kuat. Wanita hamil atau yang berencana untuk hamil disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 500 mcg asam folat.

3. Manajemen stres yang baik

Wanita yang berencana hamil atau sudah hamil, harus mampu mengatur stres yang dialaminya dengan baik. Stres berarti Anda ‘meracuni’ janin dengan hormon stres yang bisa berpengaruh negatif pada perkembangan struktur otak janin. Saat stres atau untuk menghindarinya, konsumsilah makanan sehat untuk ibu dan janin.

4. Sayuran dan buah berwarna

Sayuran dan buah berwarna sangat penting untuk wanita hamil. Mengonsumsi sayuran yang memiliki pigmen warna memiliki pengaruh yang fantastis untuk menjaga suasana hati dan mengatur bahan kimia alami seperti serotonin. Perbanyaklah konsumsi bayam, wortel, jeruk stroberi, anggur, dan buah atau syuran berwarna cerah lainnya. (ren)

VIVAnews

Iklan

17 Mei 2010 - Posted by | Tak Berkategori |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: