ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Ajarkan Remaja Kelola Keuangan Sendiri

MENGAJARKAN anak mengelola keuangan sejak dini merupakan salah satu tindakan antisipasi untuk mencegahnya terjebak dalam kekacauan finansial di masa depan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendidik putra-putri Anda, sejak usia remaja, agar lebih disiplin dan bertanggung jawab mengelola kehidupan finansialnya:

1. Sistem jatah
Ajak anak membuat rencana keuangan dengan menyusun anggaran pengeluaran setiap bulannya. Gunakan sistem amplop untuk menyimpan dan memisahkan dana untuk masing-masing kategori pengeluaran. Dengan demikian, anak akan lebih mudah mengontrolnya.

Jangan izinkan anak membawa kartu ATM atau kartu kredit ketika ke luar rumah. Biarkan ia mengelola uang yang Anda berikan setiap bulan dengan sistem berbasis jatah tersebut.

2. Kerja paruh waktu
Dukung anak untuk bekerja paruh waktu agar dia mendapatkan pelajaran tentang sulitnya mencari uang, sehingga bisa lebih menghargai uang dan lebih bijak dalam mengelolanya.

3. Kontribusi
Jika anak remaja Anda menginginkan gadget baru, motor, atau mobil untuk menunjang aktivitasnya, jangan terlalu mudah mengabulkan permintaannya. Berikan syarat agar anak turut berkontribusi, misalnya menabung sebagian dana untuk membeli barang tersebut atau bertanggung jawab membiayai perawatannya di kemudian hari.

4. Akun tabungan
Buka akun tabungan atas nama anak sejak dini. Berikan dia jurnal untuk mencatat keuangannya dan biarkan dia mendepositkan dana ke dalam tabungan tersebut dari sisa uang jatah bulanannya.

5. Kartu kredit
Ketika anak remaja Anda telah belajar bagaimana cara menyusun anggaran dan mengelola keuangannya dengan baik, siapkan dia untuk bertanggung jawab memegang kartu kredit. Jelaskan kepada anak pro dan kontra seputar uang plastik tersebut. Ajarkan anak untuk membayar lunas tagihan secara tepat waktu setiap bulan, besar tingkat suku bunga, dan konsekuensi apa yang akan dia hadapi jika terlambat membayar tagihan kartu kreditnya.(*/OL-5) (MI)

Sumber :  Yulia Permata Sari

Iklan

15 Maret 2010 - Posted by | Tak Berkategori |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: