ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Menara Miring Kubu Batavia

Uitkijk, Menara Miring Kubu Batavia

Uitkijk menjadi pengawas benteng Batavia pada masa penjajahan Belanda.

Uitkijk, Menara Syahbandar yang miring tahun1950 (KITLV)

Jika Italia memiliki menara miring Pisa di Roma, Indonesia juga memiliki menara miring Uitkijk di Jakarta. Lokasinya berada di Pasar Ikan, Jakarta Utara.
Uitkijk, begitu Menara Syahbandar yang miring itu disebut dalam bahasa Belanda, dibangun 1839. Bangunan ini untuk mengganti tiang bendera lama pada galangan kapal di sebuah kawasan yang kini bernama Jalan Pakin.
Bicara soal Menara Syahbandar, maka tidak bisa lepas dari Bastian Culemborg. Bastian atau kubu pertahanan ini dibangun jauh lebih dulu, yaitu tahun 1645 dan merupakan bagian dari tembok Kota Batavia. Culemborg tak lain nama kota kelahiran Gubenrur Jenderal Van Diemen (1593-1645).
Kubu pertahanan ini berfungsi sebagai pengawas mulut pelabuhan. Dalam kubu inilah Uitkijk kemudian dibangun.  Culemborg dibangun menghadap ke Kubu Parel (Pantai Mutiara) yang merupakan satu kubu dari Kastil Batavia.
Dari Uitkijk, kita masih dapat melihat atap genteng sisa Bastian Culemborg, kemudian bekas pondasi Vierkantburg, yaitu jalan protokol untu para tamu berpangkat tinggi juga terlihat.
Bekas Stadsherberg, penginapan, dan Kleine Boom, yaitu bangunan pabean, juga bisa terlihat. Termasuk tempat wisata di sekitar tahun 1950, Aquarium atau yang sekarang disebut Kampung Aquarium.
Di sebelah barat laut dari menara terdapat sekumpulan bangunan bekas gudang. Salah satunya adalah gedung bekas gudang dari tahun 1652 yang kini menjadi Museum Bahari.
Tembok Museum ini di masa lampau adalah batas tembok kota sebelah barat. Tembok ini memanjang ke gudang-gudang di belakang museum. Tapi, sisa tembok di belakang museum sudah bisa dikatakan sirna (lenyap).
Bangunan kayu bekas gudang di belakang museum juga terlantar, terendam air, sementara bangunan bekas gudang sezaman dan setipe dengan museum bahari menanti roboh.

VIVAnews

Iklan

23 Maret 2010 - Posted by | Nostalgia Jakarta |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: