ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Merokok dan Kanker Usus Besar

Merokok Perbesar Terkena Risiko Kanker Usus Besar

MEROKOK merupakan pemicu berbagai penyakit termasuk kanker. Kebiasaan buruk ini, menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of the National Cancer Institute, memperbesar risiko kanker usus besar pada perempuan usia tua dengan cara memicu mutasi gen tertentu.

Penelitian sebelumnya telah mengindikasikan bahwa perokok dan mantan perokok berisiko 18 persen lebih besar mengalami kanker kolorektal (usus besar dan anus) dibandingkan orang-orang yang tidak pernah merokok. Akan tetapi, terang peneliti, belum jelas bagaimana kebiasaan merokok berkaitan dengan tumor.

Dalam studi terbaru ini, Dr. Paul J Limburg dari Mayo Clinic dan teman-temannya memeriksa data statistik dari Iowa Women’s Health Study. Studi tersebut fokus pada 42.000 perempuan berusia 55 hingga 69 yang diminta merespon kuesioner.

Peneliti tidak menemukan banyak hal mengenai hubungan antara merokok dan peningkatan risiko kanker kolorektal secara umum. Tapi, peneliti menemukan hubungan kuat antara kebiasaan merokok dengan satu tipe kanker kolorektal yang berkaitan dengan mutasi dan variasi genetik.

Peneliti mengingatkan bahwa perempuan tua khususnya sangat rentan menderita tipe kanker ini.”Jadi, hubungan kanker ini dengan kebiasaan merokok mungkin tidak berlaku pada semua orang,” terang peneliti, seperti dikutip situs healthday.com.

Meskipun begitu, terang peneliti, tes skrining kolorektal baru, seperti tes yang melihat perubahan genetik, bisa menawarkan informasi berguna pada perokok jangka panjang.

Sumber: Ruang Bacaan
Iklan

15 Juli 2010 - Posted by | Rokok |

1 Komentar »

  1. STOP!!! SMOKING

    Komentar oleh ramlannarie | 18 Juli 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: