ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Klenteng Dhanagun

Klenteng Dhanagun Berusia 300 Tahun

Suasana sunyi di sekitar Klenteng Dhanagun. Begitu memasuki tempat ibadah ini, aroma hio langsung terasa. Siang itu, hanya ada sejumlah orang di sana. Agaknya, mereka penjaga klenteng.
Klenteng terletak di Jalan Surya Kencana Nomor 1, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Tempat ibadah ini merupakan klenteng pertama di Kota Bogor. Itu sebabnya, bangunannya masuk dalam cagar budaya.
Arifin Himawan, pengurus Klenteng Dhanagun, tidak tahu persis kapan klenteng dibangun. Sebab, tidak ada dokumen yang tersimpan di sana.
“Yang kami ketahui, Dhanagun dibangun pada waktu zaman penjajahan. Jadi kami perkirakan umur klenteng ini mencapai 300 tahun,” katanya.
Walau usia klenteng sudah ratusan tahun, bangunan di sana baru sekali direnovasi, yakni pada 2000. Itu juga hanya diganti genteng dan kayunya saja. Sedangkan, bagian ornamen bangunan tetap dipertahankan.
Bangunan tempat ibadah ini masih tetap kokoh. Warna merah dan emas mendominasi bangunan. Warna-warni itu tetap cemerlang.
Klenteng Dhanagun merupakan satu dari tujuh wihara yang dikunjungi oleh umat. Mereka yang datang bukan hanya orang Bogor, melainkan juga dari Jakarta.
Suasana di klenteng tidak seperti akhir Maret 2010 yang sepi, kalau lagi ada perayaan Imlek, klenteng ini pasti penuh orang. Hingar-bingar tabuhan alat musik pengiring pertunjukan barongsai berlangsung sepanjang hari.
Klenteng Dhanagun lokasinya berdekatan dengan Kebun Raya Bogor. Selain untuk tempat ibadah, klenteng ini juga jadi pusat kegiatan sosial. Di sana terdapat klinik kesehatan untuk masyarakat yang berada di sekitarnya.
Klinik ini sangat membantu warga sekitar. Hampir setiap hari, masyarakat yang berbeda-beda agama mengantri untuk berobat.
Masyarakat setempat sangat berharap kepada pemerintah agar melindungi klenteng ini. Karena tempat ini merupakan bagian dari Bogor.

viva.news

Iklan

5 April 2010 - Posted by | Nostalgia Jakarta |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: