ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

– Pesona Wisata Bangka

SELAMA ini kita mengenal daerah Bangka sebatas martabaknya yang super lezat atau mie ayamnya nan gurih. Namun tahu tidak di daerah asalnya di Bangka sana, tersimpan banyak keindahan alam yang tidak kalah asyiknya dengan menikmati sepotong martabak atau semangkuk mienya.

Bangka tadinya merupakan bagian dari propinsi Sumatera Selatan alias Daerah Tingkat Dua Bangka sebelum kemudian perubahan struktur negara akibat kebijakan otonomi daerah membuatnya naik pangkat menjadi Propinsi Bangka – Belitung.

Propinsi ini ternyata menyimpan keanekaragaman budaya dari budaya Tionghoa sampai Bali. Kalau ingin jalan-jalan ke Bangka coba kunjungi daerah-daerah di bawah ini yang gak kalah seru dengan objek-objek pariwisata lainnya di Indonesia.

Pantai Hakok (Parai Tenggiri)

Lokasinya Dekat dengan kota Sungailiat (sekitar 45 Menit dari Kota Pangkalpinang)
pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah, dan memiliki struktur pantai yang terbilang langka, enak untuk dipakai mandi dan berenang, karena pantainya tidak dalam, dengan ombak yang lembut, dikelilingi oleh karang-karang alami yang sangat indah. selain pantai ini di pulau Bangka masih banyak pantai lainnya yang tidak kalah indahnya, seperti pantai pasir padi (pangkalpinang), Pantai rebo’ (sungailiat), pantai romodong (Belinyu), pantai tanjung pesona (sungailiat), dll.

Phak Kak Liang

Suatu kawasan yang berbentuk bangunan China yang dibangun diatas eks kolong timah dengan luas sekitar 2 ha oleh pengusaha lokal orang keturunan, sebagai tempat peristirahatan bagi pengunjung yang datang ke daerah Belinyu, sambil menikmati bangunan yang unik seperti berada di Hongkong atau Taiwan.

Yang tak kalah menariknya dari kawasan ini adalah pengunjung dapat menyaksikan ikan air tawar yang besar-besar bermunculan dari permukaan air, apabila wisatawan memberikan sekedar makanan ikan yang telah disediakan oleh penjaga setempat dan menurut cerita bahwa ikan-ikan tersebut tidak boleh dipancing atau dimakan.

Gunung Menumbing

Daerah pegunungan ini berada pada ketinggian sekitar 800 m dari permukaan laut, 30 km dari kota Mentok. Di lokasi ini terdapat hotel dengan fasilitas yang cukup memadai, dan terdapat kamar bekas Presiden RI pertama Soekarno, yang merupakan tempat bersejarah bagi Bangsa Indonesia pada masa kemerdekaan.

Desa Wisata Nelayan Kurau

Terletak 50 km dari kota Sungailiat ke arah selatan. Perkampungan nelayan dengan kegiatan sehari-harinya sebagai pencari ikan tradisional di laut dengan kesederhanaan perkampungannya. Pengunjung dapat melakukan kegiatan berperahu menelusuri sungai.

Desa Wisata Bali Trans IV Batu Betumpang

Merupakan desa percontohan dengan penduduk berasal dari daerah Bali, bersihnya perkampungan, sifat gotong-royong, Balai Banjar, dan Pura tempat sembahyang umat Hindu Bali yang mempunyai ciri khas Bali dengan tingginya seni dan budaya, merupakan atraksi yang dapat disaksikan wisatawan yang berkunjung kesini. Lokasinya 140 km dari kota Sungailiat, tepatnya di kecamatan Payung.

Hutan Wisata Sungailiat

Terletak di jantung kota Sungailiat dan tepatnya di hadapan Mesjid Agung Sungailiat, tempat ini sering diadakan tempat berkemah bagi anak-anak muda/pelajar dan pramuka dan tempat ini juga baik untuk istirahat sekedar menikmati pepohonan yang lebat dan tinggi.

Kolam Pemancingan

Tempat ini sering digunakan oleh masyarakat untuk beristirahat dengan semilir angin dibawah pohon kelapa dan setiap harinya dipergunakan untuk memancing air tawar dengan ikan yang cukup beragam, lokasi ini berada di pinggir Jalan Sudirman Sungailiat.

Air Panas Pemali

Air Panas Pemali merupakan aset wisata unggulan kota Sungailiat disamping objek wisata pantainya yang indah dan landai, terletak di kecamatan pembantu Pemali 20 km dari Sungailiat. Air Panas Pemali berasal dari tanah aktif dan cocok bagi wisatawan untuk kesehatan dan menghilangkan pegal-pegal dengan cara berendam di kolam yang telah disediakan. Selain Air Panas Pemali, terdapat juga beberapa sumber air panas lain seperti; Air Panas Nyelanding dan Air Panas Dendang.

Batu Balai

Di Mentok, objek wisata batu besar menyerupai kapal besar, menurut legenda dan cerita rakyat, batu tersebut terbentuk dikarenakan hukuman orangtua kepada anaknya yang tidak mengakui ibu kandungnya sendiri. Konon, cerita pada zaman dahulu ada sebuah keluarga miskin yang mempunyai anak laki-laki yang merantau keluar daerah untuk mencari kehidupan yang lebih baik, setelah beberapa tahun merantau di negeri orang, anak laki-laki tersebut berhasil dan menjadi saudagar kaya, dan pada saat pulang ke kampung halaman menemui orangtuanya, ia tidak mengakui ibunya yang tua renta setelah puluhan tahun tidak bertemu, dikarenakan malu dengan istrinya yang cantik jelita.

Karena tidak diakui oleh anaknya, ibu dari anak laki-laki tersebut mohon kepada Tuhan untuk memberikan pelajaran atau kutukan kepada anaknya. Berkat doa ibunya tersebut, pada saat itu juga anak laki-lakinya itu beserta rombongan kapalnya menjadi batu. Cerita ini sama dengan cerita si Malin Kundang yang sangat terkenal itu, yang berasal dari Sumatera Barat/Padang.

Gunung Maras

Merupakan salah satu aset wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, terutama untuk penggemar camping dan pendakian gunung, alam yang indah dengan pepohonan hutan yang cukup lebat, menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang kesini.

WISATA ALAM BEBAS / BIO (BANGKA ISLAND OUTDOOR)
Bio (Bangka Island Outdoor) adalah suatu tempat Pelatihan Bimbingan dan Pendidikan konseling terpadu yang menciptakan suatu Investasi Kerja oleh seseorang karena telah ditemukannya kembali sesuatu potensi didalam dirinya yang selama ini mungkin belum termanajemen dengan baik atau belum pernah tergali sama sekali. Karena ditempat ini memang dibentuk sedemikian rupa sehingga suasana yang membuat orang-orang bisa mengembalikan kepercayaan dirinya dan menciptakan sesuatu hal-hal yang baru baik untuk diri pribadi maupun untuk orang lain dalam bentuk yang luas.
Tempat ini berada di Desa Deniang, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka,.±16 km dari Kota Sungailiat. Kawasan ini merupakan peninggalan penambangan timah yang dibentuk guna kegiatan alam bebas. Para wisatawan dapat meiakukan kayaking, jungle trekking, mangrove walk, alpine tower, mountain cycling dan masih banyak lagi yang dapat dinikmati

Lokasi
20 km dari Kota Sungailiat
Desa Mabat
Kecamatan Bakam

KEBUN WISATA PASIRMUKTI
Kebun Wisata Agro yang ramah lingkungan dengan panorama hamparan sawah di antara kebun buah dan kolam ikan. Terletak diantara desa Tajur, Pasirmukti dan Gunungsari, kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Melalui wisata agro yang mendidik dan menghibur, kami memberikan pengenalan dan pengetahuan pertanian bagi masyarakat pengunjung khususnya generasi muda Indonesia. Kebun Wisata Pasirmukti dapat dicapai sekitar 45 menit dari Jakarta.

Lokasi
16 km dari Kota Sungailiat
Desa Deniang
Kecamatan Sungailiat

Lihat Sumber

1 Komentar »

  1. Blognya keren broo..

    Silahkan berkunjung ke blog saya >> http://www.adrian10fajri.wordpress.com (blog Pesona Palembang)..

    Salam kenal yah ^_^

    Komentar oleh adrian10fajri | 18 September 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: