ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

- Ulang Tahun Anak.

Bila Anda mencermati beberapa tulisan pakar anak, beberapa diantara mereka menyebutkan bahwa merayakan ulang tahun anak merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan anak dalam mengembangkan sense of initiative, tidak penting bagi anak apakah pesta itu dirayakan dengan mewah atau sederhana sekali pun. Hal itu sangat tergantung pada background ekonomi keluarga itu sendiri.

Merayakan pesta ulang tahun anak memberikan pembelajaran baru bagi si anak, anak mulai belajar menempatkan dirinya dalam kelompok, belajar menerima orang lain, anak belajar mempersiapkan diri dalam menyusun acara, mendekorasi ruangan, bahkan tentunya anak belajar juga untuk membagi, suatu saat ketika ia juga harus menyediakan kado untuk temannya ketika ia bakal diundang.

Bagi orangtua yang bekeinginanan merayakan ulang tahun anaknya, tidak hanya juga harus memperhatikan hal-hal yang menguntungkan bagi perkembangan si anak juga, namun peran orangtua haruslah dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan lebih bermakna dalam merayakan ulang tahun. Artinya, seiring anak diperkenalkan pada acara-acara tersebut, orangtua juga harus dapat menanamkan nilai-nilai emosional dan spiritual dalam diri anak. Sehingga acara perayaan tersebut tidaklah sekedar sebuah pesta hura-hura saja.

Bagi Anda yang ingin merayakan ulang tahun anak, hal-hal life skill seharusnya sudah ditanamkan pada anak;
1. Anak setidaknya sudah diberi pengertian akan disiplin
2. Sedikitnya sudah mengerti akan tanggungjawab
3. Anak sudah dapat mengerti perasaan dan mempunyai empati

4. Anak sudah mengerti sedikitnya mengenai etika

Perayaan pesta ulang tahun anak dapat dilakukan pada usia 3 tahun, pada usia ini anak sudah dapat mengerti pertambahan usia, anak sedang dalam tahap mengembang ide-ide kreatif dan inisiatif, anak juga sudah dianggap mampu membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Misalnya saja, anak sudah dapat memahami bahwa harus tertib, menunggu peran dan kapan harus melakukan sesuatu secara bersama, anak tidak dapat menonjolkan dirinya sehingga dapat mengganggu acara pesta.

Maka sangat disarankan kepada orangtua agar menanamkan ketrampilan-ketrampilan diatas terlebih dahulu sebelum merayakan pesta ulang tahun anak, karena pesta itu biasanya akan terus berlanjut sampai usia anak mencapai 17 tahun sebagai puncak kedewasaan. Pesta yang dikenal dengan sweet seventeen biasanya kerab dilakukan hura-hura dan diluar kontrol orangtua, bila anak sejak awal sudah ditanamkan ketrampilan-ketrampilan tersebut maka anak sudah siap dalam mengembangkan self control dengan baik.

Pesta Ulang Tahun yang Berbeda

Sebenarnya banyak hal dalam merayakan ulang tahun dapat dilakukan selain dengan pesta, misalnya saja merayakan ulang tahun di panti asuhan, anak belajar berbagi dengan anak-anak yang tidak mampu, dan menariknya anak belajar memberi dibandingkan menerima, dimana kebanyakan pesta ulang tahun anak menerima kado pemberian dari temannya. Anak belajar berempati dengan anak-anak yang tidak mampu, dan sebuah pelajaran berarti yang diterima anak; ia menangkap pesan-pesan emosi bagaimana anak-anak panti asuhan begitu riang menerima hadiah atau makan bersama-sama dengan menu yang berbeda. Sebuah keindahan dalam berbagi yang tidak ternilai harganya.

Perayaan ulang tahun dapat juga dilakukan dengan jalan-jalan ke hutan, sebuah pesta hutan! Ajak atau undang beberapa anak saja dalam jumlah kecil, ajak menapaki jalan hutan. Sambil berjalan orangtua bercerita bagaimana fungsi hutan sangat berarti bagi kehidupan, anak dapat diajarkan bagaimana cara merawat hutan sejak dini. Anak juga dapat disuguhi cerita atau dongeng tentang hutan yang dapat membangkitkan semangat dalam berinteraksi dengan alam sekitarnya. Sebuah pelajaran yang berharga yang didapat anak dalam sebuah pesta yang menyenangkan!   [PD/ayed]

Sumber: pikirdong.org

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: