ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Olahraga dalam Air Sembuhkan Sakit Punggung

Olahraga dalam Air Sembuhkan Sakit Punggung

Sakit punggung sering dialami para pekerja yang duduk berjam-jam di depan komputer. Gejala ini sering disepelekan hingga kondisinya menjadi parah.

Untuk mengatasinya selain berolahraga dan berada dalam posisi duduk yang benar, ada cara lain yaitu dengan olahraga dalam air. Berikut tiga jenis olahraga yang bisa dilakukan dalam air untuk mengatasi sakit punggung.

- Berjalan dalam air

Berjalan di air bisa membantu Anda mengurangi tekanan pada sendi karena air memberikan daya apung. Menurut Water Fitness Association (USWFA) Amerika Serikat, ketika leher Anda berada dalam air, tubuh menjadi lebih ringan 90 persen. Hal ini berarti Anda akan mengurangi rasa nyeri pada punggung.

Berjalan di atas air dengan menggunakan sabuk flotasi untuk membuat tubuh tetap tegak. Untuk melakukan latihan ini, Anda cukup berjalan seperti biasa. Fokuslah untuk mempertahankan postur tubuh yang benar menggunakan otot inti dan hindari ketegangan. Anda bisa mengombinasikannya dengan gerakan lain. Seperti mengangkat kaki dengan tinggi, menggerakkan tangan, atau berjalan ke samping dan ke belakang. Seperti berjalan di darat, tingkatkan juga kecepatan dan intensitas gerakan Anda dalam air.

- Yoga dalam air

Yoga dalam air juga dikenal dengan beberapa nama seperti “yoga float” atau “yoqua”. Latihannya seperti yoga biasa, tetapi dilakukan dalam air. Dengan latihan yoga dalam air, otot lebih cepat relaks, dan tubuh menjadi lebih fleksibel. Napas pun lebih terkoordinasi dengan baik. Jika Anda melakukan dalam kolam air hangat, bisa membantu mengendurkan otot yang tegang dan meningkatkan sirkulasi darah. Latihan ini cukup efektif untuk mengatasi nyeri punggung. Untuk melakukan latihan ini Anda membutuhkan instruktur.

- Aqua Pilates

Latihan pilates bisa membantu menguatkan otot inti dan otot belakang serta meningkatkan fleksibilitas. Memperkuat kedua otot tersebut, bisa membantu mengurangi nyeri punggung dan meningkatkan kerja sendi. Joseph Pilates mengembangkan latihan ini pada 1920 untuk memperkuat otot tanpa membuatnya menjadi besar.

Latihan pilates dalam air juga berfungsi mendapatkan manfaat maksimal dari efek apung untuk menghilangkan rasa nyeri dan menciptakan relaksasi pada otot. Latihan dalam air memberikan 12 hingga 14 kali lebih resistensi dibandingkan di darat. Resistensi ini memperlahan gerakan sehingga latihan lebih efektif. Seperti yoga, untuk melakukan latihan ini Anda butuh instruktur. (umi)

VIVAnews

About these ads

28 April 2010 - Posted by | Tak Berkategori | ,

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: