ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Piknik Calon Pengantin di Pulau Bidadari

Menginjakkan kaki di Pulau Bidadari, ada hal lain yang bisa dilakukan selain menikmati wisata pantai. Ada wisata sejarah menapaki jejak-jejak zaman peninggalan Belanda. Sementara pemandangan uniknya menggoda banyak calon pengantin untuk berfoto-foto sebelum menikah di pulau ini.
Kepulauan Seribu yang terletak di teluk Jakarta pada zaman penjajahan Belanda adalah perairan yang sibuk. Tahun 1619, ketika VOC mencengkeram tanah Jawa, Pulau Onrust, dan sekitarnya, termasuk Pulau Bidadari, dibuatlah benteng pertahanan yang melindungi kota Batavia. Pulau itu diberi nama Onrust, yang berarti tidak beristirahat. Pasalnya, pulau ini tak pernah sepi dari aktivitas bongkar muat kapal di masa itu.

Sayangnya, benteng-benteng di Kepulauan Seribu ini berhasil dikalahkan Inggris di tahun 1800. Setelah dibangun lagi di tahun 1840 sebagai pangkalan angkatan laut, letusan Gunung Krakatau yang dahsyat di tahun 1883 kembali menghancurkan benteng-benteng itu.
Salah satu reruntuhan benteng peninggalan Belanda di Kepulauan Seribu itu bisa disaksikan di Pulau Bidadari. Benteng di Pulau Bidadari ini diberi nama Benteng Martello dari abad ke-17. Namun, tidak banyak informasi yang bisa digali dari situs di pulau itu selain papan nama Benteng Martello.
Benteng itu dinamai Martello karena bentuknya relatif kecil. Benteng jenis ini banyak dibangun di abad ke-19. Tingginya kurang lebih 12 meter dengan struktur yang bundar. Benteng ini terbangun dari tembok tebal, sehingga bisa bertahan dari gempuran meriam. Sementara dengan ketinggian yang dimilikinya, benteng itu bisa balas menembaki musuh dengan sudut pandangan 360 derajat berkat strukturnya yang bundar.
Paket Pre-Wedding
Benteng model Martello dibangun meniru benteng bundar di Mortella Point di Pulau Korsika. Orang Inggris terkesan dengan benteng model ini gara-gara pertarungan dua kapal Inggris yang gagal menyerang benteng di Mortella Point. Benteng itu baru berhasil ditaklukkan setelah melalui pertarungan sengit selama dua hari.
Pemandangan reruntuhan benteng di Pulau Bidadari dengan guguran dedaunan tampak indah bila dijadikan lokasi pemotretan. Situs benteng ini sering dijadikan latar belakang objek foto pre wedding. Tak heran, Pulau Bidadari merupakan lokasi favorit calon pengantin asal Jakarta untuk foto-foto sebelum pernikahan atau dikenal sebagai foto pre wedding.
“sudah banyak fotografer dari Jakarta yang bekerja sama dengan kami untuk pemotretan pre wedding,” ujar M. Husin Munir, manajer resor Pulau Bidadari.
Untuk foto pre wedding ini tersedia paket seharga 230 ribu per orang. “Paket ini minimal untuk enam orang. Terdiri dari empat orang kru dan sepasang calon pengantin,” kata Husin.
Paket foto prapernikahan ini tidak mensyaratkan harus menginap. Namun, mereka mendapat makan dan fasilitas yang cukup memadai untuk bergaya di depan kamera.
Untuk Bulan Madu
Dengan fasilitas 49 kamar yang dimiliki pulau resor ini, sejatinya Pulau Bidadari juga merupakan tujuan bulan madu. Pilihan kamar yang tersedia untuk menginap yakni deluxe, family dan suite dengan harga yang berbeda tentu. Di hari biasa harga cottage tempat menginap itu adalah 464 ribu nett per orang.
“Selain menginap, sudah termasuk transpor naik kapal dari dan ke Pulau Bidadari, welcome drink, makan tiga kali sehari,” ungkap Husin.
Paling menarik adalah cottage yang dibangun di atas air laut, selain cottage berbentuk rumah panggung Minahasa. Pemandangan cottage yang mengambang di atas laut ini juga sering jadi objek menarik pengambilan foto pre wedding.

pulauseribu.net

About these ads

11 April 2010 - Posted by | Wisata

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: