ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Kiat Agar Anak Rajin Menabung

Secara tradisional menabung dilakukan di rumah dengan menggunakan  celengan. Agar gemar menabung berikan celengan yang bentuknya menarik  dan disukai si anak. (foto: google)

Secara tradisional menabung dilakukan di rumah dengan menggunakan celengan. Agar gemar menabung berikan celengan yang bentuknya menarik dan disukai si anak. (foto: google)

Cara kita menanamkan kebiasaan ini tentu berbeda-beda tergantung pada usia anak. Pada anak yang belum bersekolah atau masih TK, kita bisa memberi pengertian pada anak kita bahwa tidak semua hal yang dia inginkan bisa kita belikan. Misalnya, anak-anak ini harus dilatih bila ia ingin membeli makanan berarti dia tidak dapat membeli mainan. Untuk anak seumur ini, mungkin tidak bijaksana bila kita memberikan uang karena pada usianya yang masih kecil, ia tidak mengerti tentang uang dan tentang berapa yang harus ia bayar. Tetapi, kita bisa mengenalkan uang pada anak kita, misalnya dengan membiarkan ia memegang uang untuk kemudian dibayarkan pada kasir. Ini merupakan langkah pertama anak mengenal uang.

Untuk anak-anak yang sudah memasuki SD. Kita dapat memberikan uang saku pada anak kita dan mengenalkannya kepada jajan dan menabung. Kita dapat mengajarkan manfaat menabung dengan menanyakan barang apa yang dia inginkan kemudian membantu memberitahu cara menabung agar ia dapat memiliki barang tersebut. Misalnya, saat dia menginginkan sepatu baru kita tidak langsung memberikannya tetapi mengajak dia untuk menabung dari uang jajannya agar dapat memiliki sepatu yang dia inginkan. Hal ini dapat membantunya untuk lebih semangat dalam menabung dan mengerti apa manfaatnya dari dia menabung.

Anak-anak yang tidak terbiasa menabung, biasanya akan selalu menghabiskan uang yang diberikan padanya. Orang-tua dapat membantu menghilangkan kebiasaan jajan pada anak-anak dengan menjelaskan bahwa bila semua uang yang diberikan digunakan untuk jajan, berarti tidak ada uang yang ditabung dan akibatnya anak tidak dapat membeli barang yang ia inginkan.

Untuk anak-anak yang sudah mulai SMP, orang-tua dapat mengajarkan tentang tabungan investasi. Misalnya, dengan mengenalkan tentang reksadana, membeli mata uang asing, membeli logam mulia atau investasi lainnya. Atau untuk anak-anak perempuan, biasanya mereka senang dengan aksesoris maka kita dapat menganjurkan mereka membeli gelang atau kalung emas.

Orang-tua harus memberikan teladan dalam menabung. Bila kita menganjurkan anak kita menabung tetapi kita sendiri sering belanja, tentu anak-anak akan protes pada diri kita. Hal lain yang harus diingat adalah karena mereka masih anak-anak, maka buat agar menabung sebagai sesuatu yang fun. Tidak berarti bahwa semua uang mereka harus ditabung, tetapi biarkan sebagian uang dapat mereka gunakan untuk kesenangan mereka sehingga mereka tidak merasa terbebani.

Menabung merupakan kebiasan yang harus diajarkan sejak dini kepada anak. Menabung dari menyisihkan sebagian uang saku mengajarkan anak untuk terbiasa menghargai uang dan tidak memujanya. Buah hati anda kelak akan  menjadi pribadi yang senantiasa mempersiapkan diri menghadapi hal-hal diluar dugaan.

Beberapa tips untuk meningkatkan minat menabung bagi anak :

  • Menyiapkan celengan yang berbentuk menarik, unik, dan tentu saja disesuaikan dengan kegemaran anak
  • Memberikan contoh dengan ikut menabung, sehingga setiap anggota keluarga memiliki celengan sendiri.
  • Meletakkan celengan pada tempat yang mudah dijangkau, misalnya disamping meja televisi
  • Celengan hanya boleh diisi dengan uang recehan, sehingga buah hati anda merasa fair bersaing dengan anda yang tentu saja memiliki uang lebih banyak
  • Membuka celengan bersama-sama setiap akhir bulan dan memberikan hadiah bagi pemilik celengan terbanyak
  • Membiarkan anak membeli barang sesuai dengan keinginan anak dari hasil tabungan dan sebaiknya tanpa tambahan dari orang tua

Jangan lupa untuk selalu memberi nasihat kepada anak setiap menabung, bahwa orang yang sukses adalah orang yang selalu bekerja keras, menabung, dan berdoa.

Menabung merupakan contoh investasi yang paling sederhana, karena itu sebaiknya kita memperkenalkan kebiasaan menabung kepada anak sejak dini sebagai awal pembelajaran mereka tentang investasi. Langkah pertama adalah membiasakan anak dengan penyisihan sebagian uang untuk masa depannya. Selain itu menabung juga dapat memberikan kepada anak suatu cara untuk meraih tujuannya. Misalnya, bila sang anak menginginkan sepeda, dengan menabung dia dapat mengumpulkan uang untuk membeli sepeda.

Secara tradisional menabung dilakukan di rumah dengan menggunakan celengan. Agar gemar menabung berikan celengan yang bentuknya menarik dan disukai si anak. Menabung dengan menggunakan celengan memang sudah dilakukan oleh kita sejak dulu, tetapi dengan semakin berkembangnya zaman ada baiknya kita memperkenalkan bank kepada anak kita.

Tabungan anak

Dengan mengenal bank, anak akan mengetahui bahwa ada tempat lain untuk menyimpan uangnya. Sebaiknya nama pada buku tabungan adalah nama si anak, karena itu akan memberikan semangat kepadanya untuk rajin menabung. Dampingi anak Anda pada saat datang ke bank, tetapi biarkan dia melakukan penyetoran atau penarikan uang dari rekeningnya sendiri.

Pada saat membuka rekening tabungan untuk anak, biasanya bank akan menawarkan kartu ATM atau debit card. Sebaiknya untuk sementara kartu ATM atau debit card tersebut tidak diberikan kepada si anak, karena tujuan membuka rekening tabungan tersebut adalah untuk membuat anak menjadi disiplin dalam menyimpan uangnya. Apabila langsung diberikan kartu ATM atau debit card dikhawatirkan akan merusak kebiasaan menabung yang sedang kita tanamkan kepada anak.

Dengan menabung di bank kita juga dapat memberikan penjelasan kepada anak bahwa uang yang disimpan akan mengalami peningkatan karena mendapatkan bunga. Namun, dalam hal ini kita jangan terlalu mempermasalahkan bunga yang didapat dari tabungan tersebut, karena tujuan utama dari membuka rekening tabungan adalah menanamkan kebiasaan menabung pada si anak.

Tabungan anak biasanya memberikan keleluasaan seperti tidak adanya biaya administrasi, hadiah yang beragam dan bentuk menarik yang disenangi anak. Tabungan Junior Saat ini banyak produk tabungan untuk anak yang dikeluarkan oleh bank. Tabungan ini memberikan hadiah yang menarik untuk memberikan motivasi kepada anak agar rajin menabung, misalnya, dengan cara memberikan hadiah apabila saldo tabungan bertambah dalam jumlah tertentu. (fn/ki/bt/bv) www.suaramedia.com

About these ads

7 April 2010 - Posted by | Tak Berkategori |

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: