ARS's Info.

(Information: Tourism, Family, Lifestyle, Entertainment, Healt, etc.)

Tahi Lalat di Bola Mata

Tahi Lalat di Bola Mata, Jinak Tapi Bisa Berubah Ganas

Merry Wahyuningsih – detikHealth

img
Ilustrasi (Foto: abdn)

Jakarta, Tahi lalat biasanya sering dijumpai di kulit wajah, tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya. Tapi ada beberapa orang yang memiliki tahi lalat di dalam bola mata. Bahayakah tahi lalat di dalam mata ini?
Tahi lalat merupakan suatu tanda yang dibawa sejak lahir karena adanya faktor bawaan ataupun tumbuh karena adanya faktor luar. Tahi lalat biasanya berwarna hitam atau cokelat yang terjadi karena penumpukan pigmen pada kulit.
Pada beberapa orang, tahi lalat tumbuh di dalam matanya. Tahi lalat di mata ini biasanya berupa bintik hitam di sekitar bola mata dan merupakan faktor bawaan.
"Tahi lalat ini sebenarnya jinak dan tidak berbahaya, hanya saja terkadang memang bisa berubah menjadi ganas," kata Dr Virna Dwi Oktariana, SpM, dokter spesialis mata dari RS Cipto Mangunkusumo saat dihubungi detikHealth, Rabu (17/3/2010).
Menurutnya, tahi lalat di mata bisa saja menjadi ganas karena adanya faktor keturunan dan faktor pemicu seperti konsumsi makanan karsinogenik (penyedap rasa atau MSG), terkena radiasi ultraviolet dan infeksi virus.
Tahi lalat di mata umumnya tidak mengganggu penglihatan, selama tidak tumbuh di jalur penglihatan seperti kornea dan bagian iris mata.
Tahi lalat yang sudah ganas bisa menyebabkan tumor atau kanker, seperti melanoma. Tapi menurut Dr Virna, jinak atau ganas tahi lalat di mata, terkadang tidak menimbulkan keluhan apa-apa oleh si penderita. Tapi ada juga yang merasakan keluhan seperti tahi lalat membesar, berubah warna, dan terasa gatal.
Tahi lalat di mata bisa diangkat dengan jalan operasi, tergantung letak tumbuhnya. Bila tahi lalat yang tumbuh hanya di selaput bening, maka sangat mudah untuk dilakukan operasi.
Tetapi bila tumbuh pada jalur penglihatan, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter mata, karena tahi lalat yang tumbuh di jalur penglihatan bisa menyebabkan kebutaan.
Dr Virna menyarankan, bila tahi lalat di mata sudah cukup mengganggu, sebaiknya di lakukan uji patologi anatomi, agar diketahui seberapa ganasnya tahi lalat yang tumbuh di mata tersebut. Dan untuk itu perlu dikonsultasikan dengan dokter mata.
(mer/ir)

About these ads

17 Maret 2010 - Posted by | Tak Berkategori | ,

3 Komentar »

  1. Untuk biaya operasi berapa ya dok?

    Komentar oleh rani | 23 Desember 2010 | Balas

  2. saya punya anal umur 2,5 tahun di dalam matanya sekarang sudah semakin banyak binti – bintik hitamnya,saya bingung itu berbahaya tidak ya…

    Komentar oleh mufidah | 9 Februari 2012 | Balas

  3. anakku juga punya tahi lalat di mata kanannya,bahaya gak ya,trus tindakan apa yg harus sy lakukan

    Komentar oleh eka nurmawati | 28 Februari 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: